Cara mendapatkan informasi gempa bumi secara real time

10 Oct 2009

Indonesia merupakan negara yang diapit oleh lempeng Indo-Australia dan Lempeng Pasifik. Dengan adanya aktifitas kedua lempeng tersebut dapat memberikan efek tekanan terhadap batuan-batuan yang ada di dalam perut bumi. Tekanan tersebut akan mengakibatkan terjadinya patahan atau pergerakan massa batuan yang getarannya dapat merambat sampai ke permukaan bumi yang lazim disebut gempa bumi.

Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka getaran gempa dapat dideteksi menggunakan alat (detektor) jika di darat detektornya dinamakan geophone sedangkan jika di laut dinamakan hidrophone (buoy).

Saat ini informasi gempa dapat diperoleh secara realtime, gemikian juga gempa yang terjadi di sepanjang negara kita, artinya jika ada kejadian gempa di wilayah Indonesia maka secara langsung akan di deteksi oleh detektor seismic (buoy) kemudian data hasil rekamannya dipancarkan ke satelit, dari satelit akan dikirim ke pusat-pusat pengolahan data seismic yang saling terkoneksi di seluruh dunia, sehingga besar atau skala getaran gempa dapat diketahui.

Untuk melihat informasi gempa secara realtime bisa langsung klik disini info gempa realtime

(saya lebih senang membuka situs ini karena lebih cepat informasinya dan lebih ringan loading webnya jika dibandingkan dengan info gempa BMG dan USGS).

Saat halamannya terbuka bisa pilih link yang ada dalam daftar

Dalam contoh ini saya memilih link rekaman kejadian gempa di Celebes Sea (Laut Sulawesi)

info-gempa-realtime-01

Akan tampil peta seperti di bawah ini

info-gempa-realtime-02

Biasanya informasi gempa yang ada di situsinformasi gempa realtime di atas lebih cepat jika dibandingkan informasi gempa yang disiarkan oleh televisi nasional.

Silahkan anda bandingkan dengan informasi gempa dari:

BMG/BMKG Indonesia

USGS - Amerika

Postingan ini saya cuplik dari postingan saya sebelumnya di blog pribadi saya : Artikel Komputer.


TAGS Informasi gempa realtime


-

Author

Follow Me